Apa yang dipertaruhkan untuk setiap klub menjelang Women’s Football Weekend

Akhir Pekan Sepak Bola Wanita tinggal beberapa hari lagi, dan setiap klub di WSL akan ambil bagian, dengan pertandingan ditetapkan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Ini sangat ketat baik di puncak liga maupun di bawah menjelang akhir musim, jadi inilah yang dimainkan setiap klub menjelang akhir pekan.

Chelsea FC v Manchester United – Barclays Women’s Super League / Visionhaus/GettyImages

Setelah periode waktu di mana Chelsea berada di urutan kedua di liga, mereka berhasil naik ke puncak sekali lagi. Sisi saat ini memiliki keunggulan dua poin dan satu permainan di tangan, yang menempatkan mereka dalam posisi yang sangat bagus untuk berhasil mempertahankan gelar WSL mereka lagi.

Meski begitu, tidak seperti dua klub Manchester yang juga memperebutkan gelar, Chelsea berada di Liga Champions, dan setelah kalah dari Barcelona di final 2021, tim tersebut jelas haus akan kejayaan Eropa.

Emma Hayes harus mengelola pasukannya dengan baik untuk memastikan performanya tidak turun di liga. Manchester City bukanlah tugas yang mudah.

Chelsea FC v Manchester United – Barclays Women’s Super League / Visionhaus/GettyImages

Manchester United akan kecewa setelah mereka turun ke urutan kedua dalam tabel setelah kalah 1-0 dari Chelsea lebih dari seminggu yang lalu, meskipun finis tiga besar pertama dan kualifikasi Liga Champions selalu menjadi tujuan utama Setan Merah datang ke musim.

Mendekati akhir musim, yang bisa mereka lakukan hanyalah meraih poin sebanyak mungkin. Laju mereka bisa dibilang lebih menguntungkan daripada rival mereka, dengan Arsenal dan Manchester City akan berhadapan di kandang.

Tapi menang di Old Trafford melawan West Ham akhir pekan ini akan menjadi krusial.

Manchester City v Arsenal – Liga Super Wanita Barclays / Visionhaus/GettyImages

Manchester City mengalami pukulan besar setelah tersingkir dari Piala FA di tangan Aston Villa. Tim asuhan Gareth Taylor harus mengesampingkan kekalahan yang mengejutkan itu, dan berusaha untuk mengejar gelar di akhir pertandingan.

Mereka memiliki poin yang sama dengan Manchester United, tetapi memiliki selisih gol +18 dibandingkan dengan +29 di sisi lain dari dua.

Mereka bisa dibilang memiliki sisa pertandingan yang paling sulit juga, harus menghadapi ketiganya United, Arsenal, dan Chelsea, yang mereka hadapi akhir pekan ini. Jika mereka dapat mengatur penampilan besar melawan empat besar lainnya, mereka mungkin memiliki peluang berjuang untuk kejayaan domestik.

Arsenal v Liverpool FC – Liga Super Wanita Barclays / Catherine Ivill/GettyImages

Ini akan menjadi pukulan panjang bagi Arsenal untuk memenangkan gelar pada saat ini. Meski hanya terpaut lima poin dari Chelsea, sulit membayangkan skenario di mana ketiga klub di atas The Gunners kolaps menjelang akhir musim.

Tujuan utama yang secara realistis dapat dibidik Arsenal adalah posisi tiga besar, untuk lolos ke Liga Champions musim depan. Tidak bermain di kompetisi terbaik Eropa akan menjadi pukulan bagi tim yang baru mulai menunjukkan tanda-tanda untuk kembali ke keadaan semula satu dekade lalu.

Mereka harus memastikan tidak ada kulit pisang pada hari Sabtu melawan tim Tottenham yang tiba-tiba didukung oleh kemenangan baru-baru ini.

Manchester United v Aston Villa – Liga Super Wanita Barclays / Naomi Baker/GettyImages

Aston Villa memiliki musim yang fantastis sejauh ini, dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti dalam waktu dekat. Mereka duduk di urutan kelima di tabel WSL dan tidak terkalahkan pada 2023 menjelang menghadapi klub terbawah Leicester di kandang.

Kemenangan mereka melawan Manchester City di perempat final Piala FA membuat Rachel Daly mencetak gol kemenangan di menit ke-97 untuk melumpuhkan pemenang tiga kali itu. Manajer Carla Ward menyebutnya ‘malam terbesar’ dalam sejarah klub, dan tim ingin terus tampil mengesankan di liga.

Jika mereka menyelesaikan musim di urutan kelima, itu akan menjadi peningkatan besar pada urutan kesembilan mereka musim lalu, dan tanda apa yang bisa terjadi jika klub bersedia melakukan investasi yang tepat dalam tim.

Everton FC v Manchester United – Barclays Women’s Super League / Visionhaus/GettyImages

Beberapa musim lalu, Everton, bersama dengan Manchester United, diperkirakan akan menjadi penantang tiga besar: Chelsea, Arsenal dan Manchester City. Sementara United pasti masuk empat besar, Everton gagal memenuhi harapan itu.

Akhir-akhir ini, mereka kesulitan di lini depan, tidak mencetak gol sejak pertandingan mereka di akhir Januari melawan West Ham. Derby Merseyside akan menjadi kesempatan sempurna bagi mereka untuk menemukan sepatu menembak mereka di depan pendukung tuan rumah yang besar di Goodison Park.

Reading v West Ham United – Liga Super Wanita Barclays / Ben Hoskins/GettyImages

West Ham telah menurun performanya sejak musim lalu, sudah mengumpulkan sembilan kekalahan, total keseluruhan mereka di musim 2021/22. Kemenangan liga terakhir mereka terjadi pada bulan Desember dan pertanyaan mungkin diajukan tentang Paul Konchesky jika performa timnya terus menurun.

Pergi ke Old Trafford, di mana mereka kalah pada 2021 dan di mana Aston Villa dipukul lima kali pada Desember, bukanlah cara yang menguntungkan untuk kembali ke jalur kemenangan.

Liverpool FC Wanita v Chelsea FC Wanita – Liga Super Wanita Barclays / Visionhaus/GettyImages

Derby Merseyside akan menjadi kesempatan sempurna bagi Liverpool untuk membangun kemenangan 2-1 mereka atas Tottenham. Sisi Matt Beard pasti akan bertahan di WSL untuk musim kedua berturut-turut dan akan membalas dendam melawan Everton setelah The Blues mengalahkan mereka 3-0 di Anfield di awal musim.

Tottenham Hotspur v Manchester United – Barclays Women’s Super League / Sebastian Frej/MB Media/GettyImages

Tottenham melewati Leicester untuk mengakhiri rentetan sembilan kekalahan WSL berturut-turut setelah memecat mantan manajer Rehanne Skinner.

Tujuan Spurs menjelang Akhir Pekan Sepak Bola Wanita, dan untuk sisa musim ini, bukanlah untuk terseret ke dalam pertempuran degradasi. Setelah pertandingan sulit mereka melawan rival London Utara, Spurs memiliki beberapa pertandingan yang menguntungkan, yang seharusnya membuat mereka mendapatkan poin yang cukup untuk tetap bertahan di liga.

Reading v West Ham United – Liga Super Wanita Barclays / Ben Hoskins/GettyImages

Dalam tiga musim terakhir, Reading masing-masing finis di urutan ke-5, ke-7, dan ke-8. Mereka sekarang duduk di urutan ke-10, dan bos Kelly Chambers mengatakan bahwa satu-satunya fokusnya adalah tetap di WSL, dengan mengatakan: “Saya tidak memikirkan apa pun selain mempertahankan tim.”

Reading memiliki salah satu anggaran terkecil di liga dan merupakan satu-satunya klub di WSL yang tidak didukung oleh tim Liga Premier pria, yang selalu terbukti menjadi tantangan. Mereka bermain melawan Brighton akhir pekan ini, diikuti oleh Leicester, dua klub di bawah mereka di liga, dua peluang besar dari ‘enam angka’ yang tepat.

Brighton & Hove Albion v Chelsea FC – Liga Super Wanita Barclays / Alex Davidson/GettyImages

Brighton hanya satu poin di atas tempat degradasi saat memasuki Women’s Football Weekend dan sepertinya akan tergantung pada siapa yang akan bermain di Championship musim depan.

The Seagulls memang memiliki semifinal Piala FA dengan Manchester United untuk dinanti-nantikan dan kemungkinan tipis untuk meraih trofi bahkan dapat menggembleng skuad ini di pertandingan terakhir musim ini.

Pertandingan WSL terakhir mereka adalah di kandang melawan Leicester, yang mungkin akan menjadi pertandingan terpenting mereka musim ini. Tetapi memulai dengan perjalanan ke Reading pada hari Minggu akan menjadi dorongan besar.

Manchester United v Leicester City – Barclays Women’s Super League / Matt McNulty/GettyImages

Leicester kurang lebih adalah tim yang lebih baik di babak pertama melawan Spurs pekan lalu, tetapi lagi-lagi tidak membuahkan hasil di depan gawang.

Akhir pekan ini, mereka akan menghadapi Aston Villa yang sedang dalam performa terbaik sebelum harus menghadapi tim seperti Arsenal, dan Chelsea.

Seperti disebutkan di atas, pertandingan terakhir mereka musim ini, melawan peringkat ke-11 Brighton, mungkin menjadi penentu siapa yang akan turun.